Cara Reboot Server Amazon EC2 Melalui PuTTY


Amazon EC2 atau Amazon Elastic Compute Cloud merupakan layanan web yang memberikan kapasitas komputasi yang aman dan berukuran fleksibel di cloud. Pada kasus ini saya akan membahas cara memperbaiki Alamat website yang memberikan pesan galat:  

How To Fix This Site Can't be Reached


Pesan diatas sering kita jumpai terutama kalau internet local kita tidak tersambung atau request timeout (RTO). Maka tak heran solusi pertama kita sebeagai pembaca hanya perlu mengikuti cara yang diberikan browser khususnya disini dari om google (Link). Namun, jika cara diatas tidak berhasil maka tinggalkan saja karena itu masalah yang harus diselesaikan pemilik website.

Solusi ini ditujukan bagi Anda pemilik website yang menyewa server dari Amazon EC2. penyebab website down biasanya terjadi karena kesalahan plugin atau bahkan karena Bruto force yang disebabkan oleh h4cker yang iseng buat down website. Reboot server adalah solusi pertama yang bisa Anda lakukan, reboot server bisa dilakukan dengan dua cara yaitu pada Amazon consol  server AWS atau melalui SSH di PuTTY. PuTTY adalah aplikasi open-source yang sering digunakan untuk melakukan remote access, seperti RLogin, SSH dan Telnet.

Disini saya akan memabgi tentang bagaimana reeboot server dari PuTTY, maka tinggal gunakan Kode command: (sudo service httpd restart)

Bagi Anda yang belum mengerti cara reeboot dengan memakai PuTTY ikuti langkah sebagai berikut: Pertama pastinya Anda harus install PuTTY, setting bagian terlebih dahulu pada bagian Session lalu setting Host name (IP Address-SSH-Port. kemudian di bagian SSH masuk lagi ke turunan Auth diisi dengan key server yang Anda dapatkan dari AWS Management Console Anda.


Jika pengisian session sudah lengkap save dan open. Selanjutnya Anda kan diarahkan ke bagian command linux lalu isikan terlebih dahulu username server Anda lalu tekan enter. setelah runing dan muncul beberapa command, maka barulah untuk tulis command perrintah utama yaitu: (sudo service httpd restart) tanpa tanda kurung, lalu enter lagi.

Jika hasil running menunjukan Ok dengan warna hijau makan server sudah berhasil di reebot.  



Restart kembali halaman website Anda, dan masalah Anda sudah berhasil diatasi. Thanks

0 Komentar