LAN/Wifi konek Namun Internetnya Tidak Dapat Dipakai

LAN/Wifi konek Namun Internetnya Tidak Dapat Dipakai Pada Windows 7

Kasus ini saya kasih judul spesifik dengan windows 7, kenapa demikian?. karena masalah ini sedang dilanda oleh banyak pengguna windows terutama windows 7. Mungkin sebagian orang tidak mengetahui kalau microsoft sudah mengumumkan bahwa sistem operasi windows 7 sudah diberhentikan dari penyesuaian performa dan tidak lagi tersedia update fitur yang di berikan windows Pada tanggal 14 Januari 2020. Namun Microsoft masih menyediakan fitur premium business bagi Anda yang masih menjalankan bisnis yang menggunakan windows 7 baca selengkapnya disini.

Kembali ke pembahsan. Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa windows 7 sudah diberhentikan pelayanan updatenya. Maka pasti banyak beberapa fiturnya yang tidak berjalan dengan dengan baik. Salah satu masalahnya adalah terjadi pada sistem jaringan LAN dan Wifi yang membuat laptop/PC tidak dapat konek ke internet padalah tersambung ke jaringan LAN dan Wifi. Sering disebut: 

Windows 7 No Connection are Available


Secara garis besar LAN yang tersambung pada PC kita itu sia-sia saja tidak dapat digunakan atau bahkan laptop/PC kita tidak dapat menyambungkan sama sekali. Kasus ini saya temukan di tempat kerja saya. dan solusinya adalah ada dua:

  • Pertama, cara tercepat adalah dengan meng-upgrade windows dari windows 7 ke windows 10, sesuai saran yang di berikan microsoft kepada seluruh pelanggannya. 
  • Cara kedua merupakan hasil eksperimen Saya dengan memanfaatkan IP Address.
Degan manipulasi IP Address ini bukan teori mutlak  atau mungkin ini hanya bug yang saya temukan secara tidak sengaja yaitu dengan merubah IP Address akses pada PC/laptop yang kita gunakan. Berikut riciannya:

LAN/Wifi konek Namun Internetnya Tidak Dapat Dipakai

  1. Buka pengaturan jaringan laptop/PC Anda, atau langsung klik kanan pada logo LAN/wifi dan klik "Network & Internet Setting" dan klik "change adpter options".
  2. Kemudian ritual pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan disable dan enable (garisMerah) dahulu pada haringannya, siapa tau cara tersebut juga berhasil. 
  3. Masih pada bagian nomor 2, Anda klik kanan- pilih Properties - klik kiri dua kali pada bagian IPv4.  
  4. Centang bagian "use the following DNS Server Addresses" dan isi pada bagian preferred dan alternate dengan Google Public DNS dengan menggunakan anycast routing: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.
  5. Klik tombol Ok dan selesai. Logo internet accsess yang berada di sudut kanan bawah akan restart secara otomatis. Namun, apabila masih belum restart maka lakukan cara No. 2 yaitu dengan disable/enable.
Sekian dan Terima kasih. Jika tutorial ini bermanfaat maka silahkan bagikan postingan ini.



0 Komentar